Minggu, 13 Mei 2012

5 Faktor Penting Saat Memilih Penginapan untuk Travelling

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Penginapan merupakan salah satu faktor penting yang harus ada dalam daftar utama rencana liburan atau travelling. Hotel, vila, losmen atau hostel akan menjadi tempat istirahat untuk mengisi tenaga dan melanjutkan perjalanan esok harinya. 

Selain menjadi tempat istirahat, Anda dapat mengisi ulang baterai ponsel dan kamera di penginapan. Oleh karena itu, Anda harus memikirkan dengan matang saat menentukan tempat menginap. Berikut lima hal penting yang harus diingat saat memilih penginapan, seperti dikutip dari detikTravel

1. Pilih yang Sesuai Kebutuhan
Ada banyak jenis travelling, mulai dari backpacking, berkemah, liburan keluarga, solo travel, dan sebagainya. Untuk itu, pilihlah penginapan yang sesuai kebutuhan. Apabila Anda backpacker, losmen dengan harga yang murah dapat menjadi pilihan utama. Akan tetapi jika travelling bersama keluarga, maka hotel berbintang atau vila menjadi pilihan yang tepat untuk kenyamanan keluarga Anda.

2. Harga
Setelah menetapkan kebutuhan, perhatikan harganya. Ingat, harga penginapan sangat berpengaruh dengan pengeluaran Anda selama perjalanan. Pilih harga hotel yang sesuai bujet perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa mendapat harga yang murah untuk menginap di hotel berbintang. Caranya dengan mencari promo atau melalui travel agent.

3. Fasilitas
Berbagai macam fasilitas di penginapan jangan luput dari perhatian. Cek kondisi air, AC, listrik, dan lainnya. Jika ada yang kurang memuaskan, Anda bisa melapor pihak hotel untuk menanganinya. Tentu Anda tidak mau jadwal istirahat terganggu karena kendala teknis di penginapan. Selain itu, perhatikan pula kebersihannya supaya lebih nyaman saat istirahat.

4. Keamanan
Keamanan menjadi kunci kenyamanan saat bermalam di penginapan. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak hotel, tentang segi keamanan di tempat tersebut dan fasilitas apa saja yang diberikan untuk keamanan. Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan sekitar penginapan, tentu Anda dapat menilainya sendiri.

5. Akses
Hal ini mungkin dipandang kecil, tapi akan sangat berpengaruh dalam perjalanan Anda. Perhatikan akses dari dan menuju penginapan. Tidak ada salahnya Anda memilih penginapan di dekat objek wisata, atau berada di tengah kota. Hal ini akan membantu Anda dalam perjalanan esok harinya. Dengan mempelajari akses dari dan ke penginapan, akan lebih menghemat waktu dan uang serta menghindari Anda tersesat di jalan.

0 komentar:

Posting Komentar